Sabtu, 29 Juni 2013

Bendungan Jatigede Sumedang

Apa kabar pembangunan Bendungan Jatigede Sumedang Jawa Barat?
Begitulah kiranya kami menyapa, karenasejak kami berkunjung 11-1-2011 (tanggal cantik rupanya)
Sampai kini pun nampaknya progres pembangunan waduk belum signifikan sehingga pembangunan belum tuntas.

Proyek Bendungan Jatigede berlokasi di Jawa Barat tepatnya di daerah Sumedang dan telah tertunda selama 44 tahun dari perencanaannya pada tahun 1963. Pembangunan proyek direncanakan ini akan menenggelamkan 5 kecamatan dan 30 desa, menggusur sebanyak 70.000 jiwa penduduknya, menenggelamkan areal seluas 6.783 ha dengan 1200 ha hutan milik Perhutani, dan puluhan situs sejarah ikut tersapu.

Dengan hilangnya 3.200 ha, lahan subur yang termasuk di dalamnya adalah pertanian Sumedang yang akan kehilangan 80.000 ton padi per tahun. Selain itu, bahaya proyek ini disebabkan letak pembangunannya di atas daerah rawan gempa dengan adanya struktur patahan yang telah menyebabkan gempa pada tahun 1912 dan 1990 akibat pergeseran zona sesar dalam. Harus dijadikan pertimbangan pula fakta bahwa kondisi DAS Cimanuk yang akan dibendung telah mengalami kerusakan sebesar 47%.

Secara umum progres proyek bendungan Jatigede sudah mencapai 70 persen. Pembangunan waduk ini awalnya ditargetkan selesai tahun 2012 namun kini pemerintah menargetkan mulai 2014 waduk ini selesai dan sudah dapat beroperasi dan mengairi areal pesawahan di daerah Pantura (Pantai Utara) seluas 90.000 hektare.

Dengan adanya Waduk Jatigede, ke depannya pemerintah akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) yang bisa menghasilkan tenaga listrik sebesar 135 MW (Mega Watt). Pembagunannya akan dilakukan oleh PLN. Namun kini proses pembangunan waduk ini terhambat oleh pembebasan lahan yang menyisakan 1.305 ha, serta mega proyek ini juga mesti berkoordinasi dengan perusahaan asal China, Sinohydro Corp.

Pembangunan bendungan multipurpose (seperti bendungan Jatigede) ini umumnya terlambat selesai dan memakan biaya yang jauh lebih besar dari anggaran awal dibandingkan pembangunan bendungan single purpose. Semoga semua upaya dan rencana yang telah mengeluarkan anggaran besar dan menimbulkan dampak yang besar terhadap kondisi fisik maupun social masyarakat ini tidak sia-sia.

Sumber :
http://geografi.unsil.ac.id/2013/01/09/bendungan-jatigede-sumedang-jawa-barat/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar